Tips Simpel Agar Mesin Injection ‘Tokcer’ Lagi

TokcerPerforma mesin mobil pastinya sangat dipengaruhi kondisi sistem pembakaran bahan bakar. Jika kondisi sistem pembakaran tidak sempurna dapat dipastikan tenaga mobil bakal loyo dan kondisi ini tidak hanya dapat terjadi pada mobil-mobil lawas saja dengan sistem pembakaran konvensional, akan tetapi mobil yang teranyar dengan sistem injection juga dapat mengalaminya.

Memang kondisi pembakaran dapat kembali dioptimalkan dengan melakukan servis berkala, r /> Performa mesin mobil pastinya sangat dipengaruhi kondisi sistem pembakaran bahan bakar. Jika kondisi sistem pembakaran tidak sempurna dapat dipastikan tenaga mobil bakal loyo dan kondisi ini tidak hanya dapat terjadi pada mobil-mobil lawas saja dengan sistem pembakaran konvensional, akan tetapi mobil yang teranyar dengan sistem injection juga dapat mengalaminya.

akan tetapi kebanyakan pengguna mobil, yang mungkin termasuk SO mania masih sangat mengandalkan bengkel umum atau resmi, namun terkadang masih banyak yang tidak melakukan servis berkala secara rutin akibat kesibukan.

Sebenarnya untuk mengoptimalkan kembali sistem pembakaran masih dapat dilakukan sendiri, jika tidak ada masalah dengan komponen-komponen didalam mesin. Berikut sebuah tips simpel untuk mengoptimalkan kembali sistem pembakaran injection agar mesin mobil kembali bertenaga dari Ferdy, mekanik bengkel Garage Autotech yang bermukim di kota Bandung :

Siapkan Peralatan (Tools)
Sebelum melakukannya siapkan terlebih dahulu beberapa peralatan, yaitu :
– Cairan foam injection cleaner yang beredar dipasaran, salah satunya seperti merk G-ZOX,UCU atau DCS
– Kunci 10 mm
– Kunci busi

Tocker2
Langkah Pengerjaan
Untuk melakukannya, sebaiknya dlakukan ditempat terbuka dan sore hari atau ketika mobil sedang tidak dipakai. Selanjutnya ikuti beberapa tahap pengerjaan dibawah ini :

Buka kap mesin, lalu gunakan kunci 10 mm untuk membuka baut selang filter udara yg menuju TB (Throttle Body)

Tocker3
Panaskan mesin mobil sekitar 10 hingga 15 menit
Sambil mobil dibiarkan menyala semprotkan cairan foam injection cleaner ke arah TB. Usahakan mesin terus dalam keadaan menyala ketika sedang melakukan penyemprotan tersebut.

Semprotkan cairan tersebut secara merata sampai kira-kira habis setengah kaleng, setelah itu tahan gas di putaran rpm 3000 sekitar 10 menit lalu biarkan mesin idle sebentar.

Langkah selanjutnya, injak pedal gas mobil sebanyak 2 kali hingga posisi jarum rpm mendekati redline mobil. Hal ini dilakukan untuk membuang sisa kerak kotoran didalam saluran BBM dan ruang bakar mesin.

Biarkan mesin mobil idle sebentar lalu matikan mesin.
Setelah mesin mati, buka busi dengan menggunakan kunci busi, lalu semprot semua lubang busi dengan menggunakan cairan foam injector cleaner.

Tokcer4

Tocker5
Bersihkan busi menggunakan sikat kawat,disarankan ganti dengan yg baru agar pembakaran semakin optimal.
Pasang kembali busi seperti sebelumnya dan jangan lupa selang filter udara juga dipasang kembali dengan rapat dan kuat.
Diamkan mobil semalaman dan ketika pagi hari nyalakan mesin mobil dan biarkan idle.
Injak pedal gas dan tahan di rpm 3000 sekitar 5 menit lalu biarkan mesin kembali dalam posisi idle sebentar lalu matikan.

Setelah melakukan semua langkah-langkah diatas, mobil siap digunakan dan rasakan bedanya.

Tambahan :

Penggunaan engine cleaner ini, sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Karena kegiatan ini dapat memberi efek negatif yaitu ausnya gasket – gasket head cylinder. Karena engine cleaner mengandung detergent yang tidak baik untuk gasket head cylinder….

Thanks to :

willycar.wordpress.com and situsotomotif.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: