Dongkrak Tenaga Metode N/A (Naturally Aspirated)

Dongkrak Tenaga Metode NA

Para pemilik mobil yang doyan modifikasi mesin umumnya pasti ingin meningkatkan performa mobil kesayangan agar dapat melaju lebih cepat. Tapi terkadang masih banyak yang bingung harus mulai darimana dan biasanya terbentur dengan dana yang terbatas. Untuk tetap dapat meningkatkan performa mesin ini, salah satu cara yang biasanya ditempuh adalah melalui modifikasi mesin metode N/A (Naturally Aspirated).

Memodifikasi mesin mobil dengan cara N/A memang efektif untuk meningkatkan tenaga mesin dan tergolong lebih sedikit menguras kocek dibandingkan jika melakukan metode Force Induction (FI). N/A bisa dilakukan secara bertahap, namun melakukan N/A juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tahapan dari metode N/A yang bisa dilakukan apabila ingin meningkatkan performa mobil seperti yang diinginkan. Berikut adalah tahapan dalam memodifikasi secara N/A :

Pengapian NA

1.Pastikan Mesin Sehat : Hal paling mendasar jika ingin memodifikasi mesin mobil dengan cara apapun adalah memastikan kalau kondisi mesin sehat. Untuk itu harus dilakukan general tune up seperti penyetelan celah klep, mengganti busi, mengganti filter oli dan filter bensin, mengganti oli lama dengan oli yang bagus, serta melakukan cleaning injektor bila diperlukan. Selain itu yang harus diperhatikan juga adalah memastikan kalau kopling mobil dalam keadaan/kondisi baik juga.

2.Part Pengapian Dan Exhaust Racing: Selanjutnya barulah mulai berurusan dengan part-part racing bolt-on seperti filter udara, header, knalpot, kabel busi dan part-part pengapian semacam koil dan busi. Kalau mobil sudah menggunakan ECU, penambahan piggy back diperlukan disini.

Suspensi

3.Maksimalkan Handling : Langkah ini memang tidak ada hubungannya dengan mesin, akan tetapi tahapan ini sangat penting untuk dilakukan sebelum berlanjut ke tahap N/A selanjutnya yang lebih ekstrim. Akan sia-sia dan tidak safety jika mobil dibesut tapi tidak memiliki kestabilan dan handling yang baik. Memaksimalkan handling dapat ditempuh dengan memodifikasi sistem suspensi, seperti menggunakan coil over, memasang sway bar and strut bar, dan juga mengganti bushing kaki-kaki mobil dengan material yang lebih baik berbahan polyurethane.

4.Ekstrim Up-Grade : Setelah semua part racing bolt-on teraplikasi, handling sudah dimaksimalkan dan dibantu dengan settingan dyno namun belum mendapatkan hasil yang diinginkan, barulah bisa dilanjutkan dengan melakukan cara yang mulai ekstrim seperti porting polish head, mengganti camshaft dan piston yang hi-compression. Tapi bila masih dirasa kurang, dapat dilanjutkan dengan memperbesar kapasitas mesin memakai stroker kit (bila tersedia)

5.Pangkas Bobot : Selain dari keempat tahapan sebelumnya, pengurangan bobot mobil juga akan membantu akselerasi mobil lebih ringan, tapi beresiko mengurangi kenyamanan jika mobil masih digunakan sebagai mobil harian. Biasanya tahapan yang terakhir ini dilakukan untuk keperluan balap.

Header

Untuk waktu pengerjaan, apabila mengerjakannya secara langsung semua tahapan modifikasi dari metode N/A ini bisa memakan waktu 1 hingga 2 minggu dan itupun tergantung dari mobilnya, tapi jika hanya melakukan porting polish head saja, pengerjaan paling lama 1-2 hari, untuk kisaran harganya antara Rp.250 ribu sampai 350 ribu.
Unotech
Jl. Cemara III/2 Pangkalan Jati, Jakarta Selatan
Phone : 021-92806028

Thanks to :

situsotomotif.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: